Jumat, 04 November 2011

Baca komik... bener atau salah?

Komik adalah suatu bentuk seni  yang menggunakan gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks bacaan. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran , dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.

Peminat untuk komik sendiri tidak terbatas usia dari yang muda hingga yang tua, biasanya disesuaikan dengan rate umur dari pembaca. Sebagai contoh komik crayon sinchan, komik ini walaupun tokoh utamanya adalah anak kecil namun komik ini ditujukan kepada orang dewasa karena materi cerita yg terkandung di dalamnya tidak cocok untuk anak di bawah umur. Maka perlu perhatian khusus dari orang tua untuk anak-anaknya yang pembaca komik. Biasanya untuk anak-anak komik seperti doraemon, spongbob terasa lebih cocok karena banyak makna persahabatan yang terkandung di dalamnya dan dibumbui oleh imajinasi dan cerita lucu dari masing-masing tokohnya.

Segala sesuatu yang digunakan pada tempatnya pasti akan menghadirkan manfaat yang baik pagi seseorang, termasuk membaca komik. Membaca komik yang berlebihan tidak akan baik bagi kehidupan seseorang, seharusnya kita dapat membedakan yang mana prioritas kita pada saat ini. Kebanyakan para siswa maupun mahasiswa mengisi waktunya dengan membaca komik tanpa henti sehingga mereka lupa untuk mengistirahatkan badan mereka karena tubuh juga memiliki hak untuk beristirahat sehingga akhirnya jatuh sakit dan tentunya hal ini sangatlah merugikan diri sendiri. Lain halnya ketika kita menjadikan komik itu sebagai bahan bacaan kita untuk mengambil makna yang baik di dalamnya, misalnya kebanyakan komik yang beredar memberikan makna mengenai persahabatan dan kesetiaan terhadap hal-hal yang diyakininya. Seharusnya hal-hal seperti inilah yang bisa kita ambil dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari sama-sama kita tinjau mengenai komik-komik yang beredar di Indonesia, misalnya komik one piece. Dalam komik ini bercerita mengenai perjalanan seorang bajak laut yang berpetualang dari satu pulau ke pulau lain. Dari satu tempat ke tempat lain Luffy (tokoh utama dalam cerita ini) mengumpulkan teman-teman untuk membantunya menjadi seorang bajak laut. Namun alam cerita ini tidak semua bajak laut merupakan orang yang jahat bahkan angkatan laut yang notabennya adalah pelindung masyarakat kadang bertindak sebagai tokoh antagonis. Hal ini mengajarkan bahwa dalam dunia ini sebenarnya apa yang kita lihat dari luar tidak selamanya mencerminkan sifat asli orang tersebut. Bahkan kadang kita melihat orang itu baik tapi ada maksud tertentu dan kadang kita melihat orang itu tidak baik padahal ada maksud baik di dalam hatinya.

 
Nah dari sini sebenarnya dapat kita simpulkan komik tidak selalu dipandang buruk bergantung bagaimana kita untuk mengambil hikmah ataupun pesan moral yang terkandung di dalamnya. Jadi jangan takut untuk membaca, bacalah semua buku untuk membuka jendela duniamu ....   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar